Beasiswa

Beasiswa merupakan hal yang penting untuk studi di luar negri, tidak terkecuali Taiwan. Pada dasarnya, beasiswa memberikan 2 hal, yaitu Tuition Waiver dan Monthly Stipend. Untuk Tuition waiver, kita dibebaskan dari biaya masuk kuliah serta pembayaran SKS (kredit). Sedangkan monthly stipend merupakan beasiswa yang minor, maksudnya adalah pemberi beasiswa tidak selalu memberikan beasiswa jenis ini kepada semua mahasiswa, beasiswa ini akan meng-cover keperluan bulanan kita dengan memberikan uang saku setiap bulan.

Pada bab ini, kami akan menjelaskan beasiswa dalam ataupun luar negri yang dapat digunakan untuk studi di Hsinchu Taiwan ini:

Beasiswa ini merupakan beasiswa langsung dari universitas masing – masing. Mahasiswa bias mendapatkan Tuiotion-Waiver only atau Full-Scholarship yang juga mengcover living allowance. Namun, beasiswa ini akan diupdate setiap semester berdasarkan performa kita diperkuliahan, dan kita harus memperbaharuinya setiap bulan. Berikut detail biaya dari beasiswa ini:

  • Untuk studi Magister: 7000NTD – 13000NTD
  • Untuk studi Doktor: 10000NTD – 20000NTD

 

*) Untuk mahasiswa lama, rekomendasi dari professor dan juga banyaknya publikasi menjadi pertimbangan (terutama untuk jenjang doctoral)

**) Untuk lebih jelasnya, dapat melihat regulasi yang tertera pada halaman universitas masing – masing.

Salah satu beasiswa dari pemerintah Taiwan adalah MOFA Taiwan Sholarship. Berdasarkan regulasi yang ditetapkan tahun 2014, besar beasiswa ini untuk degree program adalah 30000 NTD untuk monthly stipend dan juga akan menanggung tuition-waiver.

Untuk lebih jelasnya, dapat mengunjungi halaman berikut:

https://www.mofa.gov.tw/en/cp.aspx?n=A5C28AD214C3FD7C

Untuk beasiswa dalam negeri ini, disediakan untuk dosen dan/atau calon dosen. Pada tahun 2018, beasiswa dibuka sekitar bulan Februari. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menuju ke halaman berikut:

http://beasiswa.ristekdikti.go.id/webm/

Beasiswa LPDP merupakan beasiswa paling popular di kalangan anak muda Indonesia. Selain memiliki proses seleksi yang panjang, nominal beasiswa terbilang besar. Namun, berdasarkan regulasi LPDP tahun 2018, universitas di Hsinchu ini hanya masuk sebagai beasiswa afirmasi saja (untuk keluarga yang kurang mampu), berikut list universitas di Hsinchu yang masuk ke list LPDP:

  • NCTU jurusan: Electrical & Electronic
  • NTHU jurusan: Electrical & Electronic
  • Mechanical, Aeronautical and Manufacturing
  • Material Science

 

Periode pendaftaran pada tahun 2018, berkisar antara bulan Juli hingga September. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menuju ke halaman berikut:

https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/

CHT Scholarship disponsori oleh Chunghwa Telecom, yang merupakan perusahaan komunikasi terbesar di Taiwan. Beasiswa ini hanya diperuntukan untuk mahasiswa internasional dengan studi sarjana atau magister yang berasal dari Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Namun, untuk mendapatkan beasiswa ini, mahasiswa diharuskan dapat berbicara bahasa mandarin dengan baik. Berikut jumlah beasiswa yang diterima:

  • Bidang studi sarjana akan mendapatkan biaya sebesar 10.000 NTD setiap bulannya

  • Bidang studi magister akan mendapatkan biaya sebesar 15.000 NTD setiap bulannya.

Beasiswa ini akan diperbaharui setiap tahunnya berdasarkan performa mahasiswa. Untuk lebih detailnya, dapat mengunjungi OIA (Office of International Affair) di universitas masing – masing.

Beberapa teman mahasiswa juga mendapatkan beasiswa lainnya, seperti beasiswa dari perusahaan di Taiwan, perusahaan di Indonesia, dan lain – lain. Tentu saja semua itu memiliki regulasi dan ketetapan masing – masing.

*) Umumnya, beasiswa sudah disortir oleh universitas. Oleh karena itu, informasi beasiswa bisa dilihat pada website universitas masing – masing.