Bahasa & Kultur

Penulisan karakter resmi yang digunakan di Taiwan ialah Mandarin aksara tradisional, berbeda dengan Tiongkok yang menggukan Mandarin aksara sederhana. Ada beberapa karakter yang berbeda antara kedua aksara tersebut. Namun, jika anda pernah belajar Mandarin aksara sederhana, ada baiknya jika anda menambah pengetahuan (dengan kursus / media pembelajaran lainnya) tentang Mandarin aksara tradisional agar lebih memudahkan anda dalam membaca maupun berkomunikasi dengan penduduk lokal.

Jika anda belum pernah belajar bahasa Mandarin sama sekali, anda tidak perlu takut. Anda dapat menggunakan bahasa tubuh saat berkomunikasi, misalnya pada saat anda membeli makanan, anda bisa menunjuk jenis makanan yang akan dibeli.

Belajar bahasa Mandarin sedari dini sebelum berangkat ke Taiwan sangat dianjurkan, mengingat setiap mahasiswa akan memiliki kehidupan di luar kampus yang tentunya akan berhadapan secara langsung dengan masyarakat sekitar yang tidak fasih berbahasa Inggris. Beberapa lab mengadakan rapat dengan menggunakan bahasa Mandarin, tentunya banyak keuntungan yang bisa didapat selama meeting jika mahasiswa fasih dalam berbahasa Mandarin.

Di masing-masing kampus, terdapat pelajaran bahasa Mandarin yang dapat anda ambil, mulai dari level pemula hingga level tinggi. Gunakan kesempatan tersebut untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Mandarin anda.

Masalah yang paling penting dalam perkuliahan adalah kuliah dengan media Mandarin. Tidak semua mata kuliah dibuka dengan bahasa inggris, sedari awal mencoba mencari tau bahasa pengantar untuk core course. Jika kuliah diajarkan dengan bahasa Mandarin, jangan berharap terlalu tinggi. Ada dosen yang peduli dengan murid internasional, tetapi ada juga yang tidak peduli (bahkan ada dosen mengusir anak internasional dari kelasnya).

Ada juga dosen yang slide-nya menggunakan bahasa Inggris namun menjelaskannya menggunakan bahasa Mandarin, tetapi ada juga yang slide-nya menggunakan bahasa Mandarin dan menjelaskannya menggunakan bahasa Mandarin. Ada profesor yang suka nulis huruf Mandarin di papan tulis dan mengatakan bahwa ujian yang keluar dari apa yang beliau tulis. Bahkan waktu ujian, ada juga anak internasional yang diberi soal berbahasa Mandarin.

Jika anda beruntung, ada TA (Teaching Assistant – Asisten Dosen) yang mau memberikan tutorial dalam bahasa Inggris, namun ada juga TA yang tidak peduli.

Bagaimanapun kondisi yang kita ambil, kita tetap harus siap dengan setiap keadaan terburuk yang ada.